BNI Bersedia Bantu Modal Usaha Purna TKI

0
216

Selasa, 21 November 2017

Beijing (infobisnis.co.id) – BNI bersedia membantu permodalan bagi purna tenaga kerja Indonesia yang ingin membuka usaha di Tanah Air.

“Apabila membutuhkan bantuan usaha, BNI bisa membantu melalui kredit usaha purna TKI,” kata perwakilan remitansi BNI Taiwan, Ersam Richard Parura, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Beijing, Selasa.

BNI memberikan hadiah uang tunai kepada 10 TKI yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dalam program pelatihan pembuatan kue yang digelar Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei dan Global Workers` Organization (GWO) selama 2,5 bulan.

“Namun kami tetap mengimbau kepada para TKI di Taiwan untuk secara rutin menyisihkan gaji mereka di rekening sebagai bekal membuka usaha kelak saat pulang ke Tanah Air,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Senior Ketenagakerjaan KDEI Taipei, Kadir, meyakini bahwa pelatihan tersebut menjawab kegamangan para purna TKI di Tanah Air.

“Dengan bekal pelatihan ini, setelah kembali ke Indonesia mereka dapat membuka usaha. Terkait dengan permodalan, dapat kita arahkan ke perbankan,” ujarnya.

Pelatihan diikuti total oleh 40 peserta yang merupakan TKI dari berbagai wilayah di Taiwan.

Direktur GWO Karen Hsu dalam keterangan tertulisnya juga menilai para TKI sangat serius mengikuti program tersebut.

“Buktinya, mereka mempraktikan pelajarannya dengan sangat baik. Ada keinginan mereka untuk menerapkan teknologi pembuatan kue di kampung halaman mereka,” ujarnya.

Atin Sunarti, salah satu TKI terbaik mengaku bersyukur bisa mengikuti program pelatihan membuat kue tersebut.

Majikan berharap Atin sepulangnya ke Indonesia bisa membuka usaha dan hidup mandiri.

“Setiap hari Minggu saya berangkat mengikuti pelatihan dengan membawa nenek yang saya jaga menggunakan kursi roda,” ujar Atin yang selalu membawa serta majikannya dengan menumpang kereta bawah tanah menuju tempat pelatihan yang membutuhkan jarak tempuh selama 1,5 jam itu. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here