Friday, October 19, 2018
Home Blog

Ini Dua Penyebab Kurs Rupiah Tembus Rp15.000

20

Selasa, 2 Oktober 2018

“Akhirnya penguatan dollar AS terjadi, diikuti oleh kenaikan yield US-Treasury”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) – Melemahnya nilai tukar rupiah hingga ke batas psikologis baru di Rp15.000 per dolar AS pada Selasa siang disinyalir karena memanasnya perang dagang AS dan China, serta kenaikan harga minyak dunia yang mengancam defisit transaksi berjalan domestik.

Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede saat dihubungi di Jakarta, Selasa, mengatakan dolar AS pada hari ini menguat secara luas (broadbased) yang diikuti dengan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun (US-Treasury Bill).

Isu perang dagang kembali menghimpit China, setelah kesepakatan  perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang mengisyaratkan akan ada pembatasan barang-barang dari Tiongkok.

“Akhirnya penguatan dollar AS terjadi, diikuti oleh kenaikan yield US-Treasury,” ujar Josua.

Di samping itu, harga minyak dunia sedang menunjukkan tren menanjak. Hal ini tentu menjadi sentimen negatif bagi negara-negara net importir minyak seperti Indonesia, karena berpotensi memperbesar defisit transaksi berjalan.

Hingga kuartal II 2018, defisit transaksi berjalan Indonesia sudah mencapai tiga persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Adapun harga minyak dunia mencapai angka 75 dolar AS per barrel untuk West Texas Intermediate (WTI) dan menembus 85 dolar AS  per barrel untuk jenis Brent.

Dengan berbagai sentimen global tersebut, pelaku pasar cenderung melakukan koreksi di pasar keuangan domestik.

Koreksi dan keluarnya dana asing di pasar keuangan juga terlihat dari imbal hasil SUN tenor 10 tahun yang naik sembilan basis poin menjadi 8,10 persen. Kenaikan imbal hasil SUN berarti terdapat penurunan harga SUN yang salah satunya bisa disebabkan karena aksi penjualan oleh investor.

“Indeks Pasar juga terkoreksi 0,4 persen pada sesi pagi ini,” ujar Josua.

Joshua memandang pelemahan rupiah ini hanya bersifat sementara. Kebijakan pengendalian impor dan juga upaya menambah devisa dari sektor pariwisata akan turut memperkuat nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu ke depan.

Hal itu juga ditambah penerapan transaksi valuta asing (valas) berjangka domestik atau Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) oleh Bank Indonesia. Transaksi DNDF adalah transaksi derivatif valuta asing (valas) terhadap rupiah yang standar (plain vanilla) berupa transaksi forward (berjangka) dengan mekanisme fixing yang dilakukan di pasar domestik. (Antara)

Kurs Rupiah Tembus Rp15.000 Pada Selasa Siang

17

Selasa, 2 Oktober 2018

“Memantau Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang diumumkan Bank Indonesia (BI), Selasa, kurs rupiah menyentuh posisi Rp14.988 per dolar AS melemah 83 poin”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) –  Nilai tukar (kurs) rupiah pada perdagangan Selasa melemah hingga menyentuh angka psikologis baru di Rp15.001 per dolar AS pada pukul 10.59 WIB.

Menurut data perdagangan Reuters dilansir di Jakarta, Selasa, rupiah terus menunjukkan pelemahan sejak pembukaan perdagangan pada Selasa pagi.

Sepanjang Selasa pagi hingga Siang pukul 11.30 WIB, rupiah diperdagangkan di titik terkuatnya pada Rp14.910 per dolar AS dan titik terlemahnya di Rp15.001 per dolar AS.

Memantau Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang diumumkan Bank Indonesia (BI), Selasa, kurs rupiah menyentuh posisi Rp14.988 per dolar AS melemah 83 poin dari posisi Rp14.905 pada Senin (1/10/2018).

Angka nilai tukar rupiah yang mencapai Rp15.000 merupakan tingkatan terlemah dalam beberapa tahun terakhir.

Bank Indonesia sudah melancarkan berbagai amunisi untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Suku bunga acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate sudah dinaikkan lima kali atau sebesar 1,5 persen menjadi 5,75 persen sejak Mei 2018. Kenaikan suku bunga acuan dilakukan untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dan meningkatkan imbal hasil instrumen keuangan domestik sehingga bisa mengundang portofolio asing.

Bank Sentral juga melancarkan intervensi ganda dengan mengoptimalkan cadangan devisa hingga menurunkan premi barter valas (swap) dan barter untuk lindung nilai (swap hedging).

Pada perkembangan terbarunya, BI juga mencoba menerapkan transaksi valuta asing (valas) berjangka domestik atau Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF). Transaksi DNDF adalah transaksi derivatif valuta asing (valas) terhadap rupiah yang standar (plain vanilla) berupa transaksi forward (berjangka) dengan mekanisme fixing yang dilakukan di pasar domestik. (Antara)

Pertamina Kirimkan Mobil tangki Pengganti ke Makasar dan Pare-Pare

606

Selasa, 2 Oktober 2018

Mobil tangki ini akan dikirim ke Makassar dan Pare-Pare menggantikan mobil tangki di sana yang sudah dikirim membantu Sulawesi Tengah”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) – Pertamina Marketing Operation Region III mengirimkan sejumlah bantuan mobil tangki dan sarana distribusi BBM serta avtur ke Sulawesi untuk membantu penyaluran BBM ke masyarakat.

Bantuan tersebut terdiri dari 12 mobil tangki BBM, satu mobil tangki avtur dan 26 orang awak mobil tangki (AMT). Semuanya dilepas pada Selasa di TBBM Plumpang, Jakarta, dan akan dikirim dengan menggunakan kapal.

Pelepasan tersebut dilakukan oleh GM Marketing Operation Region III PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono dan Direktur Operasi PT Pertamina Patra Niaga Made Adi Putra.

Erry menyampaikan mobil tangki yang diberangkatkan ini berasal dari beberapa Terminal BBM yang ada di wilayah MOR III yaitu Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

“Jadi ada yang dari TBBM di Ujung Berung, Padalarang, Balongan, hingga Tasik. Mobil tangki ini akan dikirim ke Makassar dan Pare-Pare menggantikan mobil tangki di sana yang sudah dikirim membantu Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Selain mobil tangki dan awaknya yang diberangkatkan hari ini, sebelumnya MOR III juga telah mengirimkan empat unit mobil tangki kapasitas 5KL pada Senin (1/10) tujuan Palu.

Pada Minggu (30/9) Pertamina MOR III juga telah mengirimkan beberapa perlengkapan distribusi yaitu 22 dus pompa engkol, 2 box nozzle dan 20 pcs selang BBM.

“Dengan adanya bantuan ini maka penyaluran BBM di Sulawesi akan semakin lancar. Karena tim Pertamina yang sudah berada di sana telah mengupayakan maksimal untuk penyaluran BBM ke masyarakat,” tambahnya. (Antara)

Kesepakatan NAFTA Dorong Pasar Saham Asia Menguat

12

Selasa, 2 Oktober 2018

“Kesepakatan NAFTA adalah prestasi yang berhasil dicapai Presiden Trump…”
 
Tokyo (infobisnis.co.id) – Pasar saham Asia menguat pada perdagangan Selasa pagi, dengan kenaikan ekuitas Jepang ke tingkat tertinggi baru 27 tahun, merespons penguatan harga minyak mentah serta kesepakatan baru perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA).

Amerika Serikat dan Kanada mencapai kesepakatan menit terakhir pada Minggu (30/9) untuk menyelamatkan NAFTA sebagai pakta trilateral dengan Meksiko, menyelamatkan zona perdagangan terbuka tiga negara senilai 1,2 triliun dolar AS yang nyaris hancur setelah hampir seperempat abad.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, sedikit berubah.

Pasar saham Australia naik 0,1 persen, KOSPI Korea Selatan naik 0,05 persen dan Nikkei Jepang naik 0,5 persen.

“Kesepakatan NAFTA adalah prestasi yang berhasil dicapai Presiden Trump sebelum pemilihan paruh waktu AS, kehati-hatian di pasar yang lebih luas sedang surut untuk sementara waktu,” kata Masahiro Ichikawa, ahli strategi senior di Sumitomo Mitsui Asset Management, seperti dikutip Reuters.

Pasar keuangan China ditutup selama seminggu mulai 1 hingga 5 Oktober untuk hari libur nasional.

Dow naik 0,73 persen dan S&P 500 naik 0,36 persen pada Senin (1/10) setelah kesepakatan untuk melestarikan NAFTA membantu meredakan kekhawatiran perdagangan.

Dolar Kanada diperdagangkan pada 1,2810 per dolar AS setelah reli ke angka tertinggi empat bulan 1,2782 semalam (Senin) setelah perjanjian perdagangan trilateral.

Euro sedikit berubah pada 1,1577 dolar setelah tergelincir 0,25 persen pada Senin (1/10) di tengah kekhawatiran baru tentang anggaran Italia yang banyak dililit utang.

Mata uang tunggal telah dirugikan oleh kekhawatiran bahwa peningkatan signifikan dalam anggaran Italia akan meningkatkan tingkat utang negara itu.

Dolar melayang sedikit di bawah angka tertinggi 11 bulan di 114,06 yen pada Senin (1/10), karena meningkatnya sentimen risiko investor membebani mata uang Jepang.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama berdiri di 95,289 setelah naik ke 95,373 semalam (Senin), tertinggi sejak 10 September.

Greenback menarik dukungan berkat kenaikan tipis pada imbal hasil surat utang AS, karena kenaikan pasar ekuitas menahan permintaan untuk surat utang sebagai salah satu aset safe haven.

Di komoditas, harga minyak mentah AS naik 0,35 persen menjadi 75,56 dolar AS per barel.

Kontrak telah melonjak hampir tiga persen menjadi 75,77 dolar AS per barel pada Senin (1/10), tertinggi sejak November 2014, karena kesepakatan untuk menyelamatkan NAFTA memicu ekspektasi pertumbuhan ekonomi dan sanksi-sanksi AS terhadap Iran juga semakin dekat. (Antara)

Taiwan Tawarkan Wisata Halal Pada Indonesia

12

Selasa, 2 Oktober 2018

“Taiwan telah menerapkan beberapa inisiatif selama beberapa tahun ini untuk menarik lebih banyak masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan ke Taiwan”
 
Jakarta, 2/10 (infobisnis.co.id) – Taiwan menawarkan wisata halal bagi masyarakat Indonesia dengan lebih dari 200 hotel dan restoran di Taiwan yang telah mendapat sertifikat halal dari lembaga berwenang setempat.

“Kami memandang bahwa pariwisata adalah cara yang paling menyenangkan untuk meningkatkan saling pengertian antara Taiwan dan Indonesia. Karenanya, Taiwan telah menerapkan beberapa inisiatif selama beberapa tahun ini untuk menarik lebih banyak masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan ke Taiwan,” kata Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) Jakarta, John Chen, kepada Antara pada acara promosi wisata Taiwan di Jakarta, Senin malam.

Dia menjelaskan bahwa Taiwan secara khusus memudahkan peraturan mengenai pengajuan visa bagi warga negara Indonesia.

Sejak 2017, warga Indonesia yang mempunyai izin tinggal tetap di Taiwan, visa izin tinggal yang masih sah atau visa kedaluwarsa dalam 10 tahun seperti negara Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea, Inggris, atau Uni Eropa (visa Schengen), serta pemegang visa Taiwan dalam 10 tahun (tidak termasuk visa kerja), dan tidak ada pelanggaran catatan, dapat mengajukan permohonan visa online ke Departemen Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Taiwan.

“Kami juga meningkatkan tingkat pariwisata halal di Taiwan,” ujar Duta Besar Chen.

Menurut dia, selain 200 hotel dan restoran yang telah mendapat sertifikat halal, sejumlah stasiun dan transportasi umum lainnya, serta lokasi-lokasi wisata di Taiwan telah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi pengunjung muslim, seperti adanya mushola atau masjid.

Taiwan terus mengembangkan ruangan mushola  di setiap ruang publik, seperti di Stasiun Kereta Api Taipei, Kaohsiung, dan Hualien, Stasiun Kereta Cepat Taichung, dan di Museum Istana Nasional.

“Dengan semua upaya yang dilakukan oleh sektor publik dan swasta kami, ada lebih dari 189 ribu orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Taiwan pada tahun 2017,” kata Duta Besar Chen, seraya menambahkan bahwa jumlah tersebut mengalami pertumbuhan 46 persen dibandingkan pada 2016.

Pada tahun 2018, Taiwan berharap jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Pulau Formosa akan meningkat menjadi 250.000 orang, katanya.

“Dengan kelas menengah yang sedang booming di Indonesia dan mencari tujuan wisata yang menyenangkan di luar negeri, kami percaya lebih banyak warga Indonesia tertarik mengunjungi Taiwan. Kami yakin bahwa mengunjungi Taiwan akan memberi pengalaman yang tak terlupakan karena banyak hal menarik yang ditawarkan,” ujar Duta Besar Chen.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Organisasi Promosi Wisata Taiwan (Taiwan Visitor Association/ TVA), Yeh Chu Lan, mengatakan Indonesia adalah pasar muslim terbesar bagi Taiwan, dan masyarakatnya merupakan teman bagi Taiwan.

Penerbit panduan perjalanan terbesar di dunia, Fodor, menempatkan Taiwan di peringkat ke-12 di antara 52 tujuan wisata yang harus dikunjungi pada tahun 2018. Peringkat ini lebih tinggi dari Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Sementara itu, Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) yang dikeluarkan oleh Mastercard 2018 menyebutkan bahwa Taiwan menempati peringkat kelima sebagai tujuan wisata Muslim terbaik dari negara atau entitas nonmuslim. Peringkat tersebut melampaui Jerman, Australia, dan Amerika Serikat. (Antara)

OJK Kenakan Sanksi Akuntan Publik Terkait Kasus SNP

11

Selasa, 2 Oktober 2018

“…kedua AP tersebut dinilai telah melakukan pelanggaran berat dan telah dikenakan sanksi oleh Menteri Keuangan,”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenakan sanksi administratif berupa pembatalan pendaftaran kepada Akuntan Publik (AP) dan Kantor Akuntan Publik (KAP) terkait hasil pemeriksaan terhadap PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (PT SNP).

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik, Anto Prabowo dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan OJK mengenakan sanksi itu kepada AP Marlinna, AP Merliyana Syamsul, dan KAP Satrio, Bing, Eny dan Rekan.

“Pembatalan pendaftaran KAP Satrio, Bing, Eny dan Rekan berlaku efektif setelah KAP dimaksud menyelesaikan audit Laporan Keuangan Tahunan Audit (LKTA) tahun 2018 atas klien yang masih memiliki kontrak dan dilarang untuk menambah klien baru,” paparnya.

Ia menambahkan untuk AP Marlinna dan AP Merliyana Syamsul pembatalan pendaftaran efektif berlaku sejak ditetapkan OJK pada hari Senin (1/10).
“Pengenaan sanksi terhadap AP dan KAP dimaksud hanya berlaku di sektor Perbankan, Pasar Modal, dan IKNB,” katanya.

Ia mengemukakan Laporan Keuangan Tahunan PT SNP telah diaudit AP dari KAP Satrio, Bing, Eny dan Rekan dan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Namun demikian, lanjut dia, berdasarkan hasil pemeriksaan OJK, PT SNP terindikasi telah menyajikan laporan keuangan yang secara signifikan tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang sebenarnya sehingga menyebabkan kerugian banyak pihak.

Berkenaan dengan hal itu, Anto Prabowo mengatakan, OJK telah berkoordinasi dengan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (P2PK) Kementerian Keuangan terkait dengan pelaksanaan audit oleh KAP Satrio, Bing, Eny dan Rekan pada PT SNP.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan P2PK, kedua AP tersebut dinilai telah melakukan pelanggaran berat dan telah dikenakan sanksi oleh Menteri Keuangan,” katanya.

Dengan mempertimbangkan hal-hal itu, ia menjelaskan, OJK menilai bahwa kedua Akuntan Publik itu telah melakukan pelanggaran POJK Nomor 13/POJK.03/2017 Tentang Penggunaan Jasa Akuntan Publik Dan Kantor Akuntan Publik.

Dipaparkan, penilaian itu dengan pertimbangan, telah memberikan opini yang tidak mencerminkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Besarnya kerugian industri jasa keuangan dan masyarakat yang ditimbulkan atas opini kedua AP itu terhadap LKTA PT SNP.

Dan, menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan akibat dari kualitas penyajian LKTA oleh akuntan publik.

“Pengenaan sanksi terhadap AP dan KAP oleh OJK mengingat LKTA yang telah diaudit tersebut digunakan PT SNP untuk mendapatkan kredit dari perbankan dan menerbitkan MTN yang berpotensi mengalami gagal bayar dan/atau menjadi kredit bermasalah. Sehingga langkah tegas OJK ini merupakan upaya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Industri Jasa Keuangan,” katanya. (Antara)

Analis: Deflasi Picu Penguatan Rupiah Jadi Rp14.890

3

Selasa, 2 Oktober 2018

“Deflasi yang terjadi pada September kemungkinan menjaga pergerakan rupiah”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) –  Penguatan tipis nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa pagi, diperkirakan dipicu oleh deflasi yang menjaga pergerakan nilai tukar (kurs) mata uang Indonesia itu terhadap dolar Amerika Serikat (AS). 

Kurs rupiah bergerak menguat tipis sebesar 11 poin menjadi Rp14.890 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.901 per dolar AS.

“Deflasi yang terjadi pada September kemungkinan menjaga pergerakan rupiah,” kata Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail di Jakarta, Selasa.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September 2018 terjadi deflasi sebesar 0,18 persen. Dengan demikian, maka tingkat inflasi tahun kalender Januari-September 2018 sebesar 1,94 persen, dan inflasi tahun ke tahun (yoy) mencapai 2,88 persen.

Menurut dia, inflasi yang rendah menunjukan ekonomi Indonesia masih cukup solid untuk menyerap risiko akibat pelemahan rupiah terhadap dollar sepanjang tahun 2018.

Kendati demikian, lanjut dia, sentimen tercapainya kesepakatan baru Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) antara AS, Meksiko, dan Kanada dapat mendorong permintaan dolar AS sehingga menahan laju rupiah.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan fluktuasi rupiah dibayangi kekhawatiran pelaku pasar uang terhadap aktivitas ekonomi Tiongkok yang cenderung melambat.

“Ekonomi Tiongkok yang melambat dikhawatirkan berdampak ke ekonomi kawasan sekitar,” katanya. (Antara)

BPS Sebut Penurunan Harga Makanan Sumbang Deflasi September

15

Senin, 1 Oktober 2018

“Bahan makanan yang menyumbang deflasi antara lain daging ayam ras 0,13 persen, bawang merah 0,05 persen, ikan segar 0,04 persen, dan telur ayam ras 0,03 persen”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan turunnya harga bahan makanan menjadi penyebab terjadinya deflasi pada September 2018 sebesar 0,18 persen.

“Terjadi deflasi karena harga beberapa bahan makanan menurun,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Suhariyanto mengatakan kelompok bahan makanan dalam periode ini menyumbang deflasi sebesar 1,62 persen, karena harga-harga komoditas tercatat mengalami penurunan.

Bahan makanan yang menyumbang deflasi antara lain daging ayam ras 0,13 persen, bawang merah 0,05 persen, ikan segar 0,04 persen, telur ayam ras 0,03 persen, cabai rawit 0,02 persen, dan komoditas sayuran 0,01 persen.

Kelompok lainnya yang mengalami deflasi adalah transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,05 persen akibat turunnya tarif angkutan udara.

“Kelompok transportasi memberikan deflasi, karena terjadi penurunan tarif angkutan udara di 82 kota, setelah puncaknya pada Ramadhan dan Lebaran, kecuali di Bengkulu,” ujarnya.

Meski demikian, Suhariyanto memastikan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga masih mengalami inflasi tinggi pada September 2018 sebesar 0,54 persen.

“Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga ini dipengaruhi oleh kenaikan uang kuliah akademi dan perguruan tinggi,” katanya.

Sedangkan, kelompok lainnya yang mengalami inflasi adalah kesehatan 0,41 persen, sandang 0,27 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,29 persen dan perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,21 persen.

Dengan September tercatat deflasi, maka tingkat inflasi tahun kalender Januari-September 2018 sebesar 1,94 persen, dan inflasi tahun ke tahun (yoy) mencapai 2,88 persen.

Dari 82 kota Indeks Harga Konsumen, tercatat sebanyak 66 kota menyumbang deflasi dan 16 kota masih mengalami inflasi.

Deflasi rendah terjadi di Pare sebesar 1,59 persen, sedangkan deflasi rendah terjadi di Tegal, Singkawang, Samarinda dan Ternate masing-masing 0,01 persen.

Sementara itu, inflasi tinggi terjadi di Bengkulu yaitu 0,59 persen dan inflasi rendah terjadi di Bungo sebesar 0,01 persen.

“Inflasi tinggi di Bengkulu terjadi, karena adanya kenaikan tarif angkutan udara, penyebabnya ada penyelenggaraan festival, sehingga permintaan angkutan udara meningkat,” kata Suhariyanto. (Antara)

Presiden Sebut Bandara Palu Normal Kembali Dalam Seminggu

11

Senin, 1 Oktober 2018

“Keberadaan bandara sangat vital karena berbagai bantuan kebutuhan masyarakat dikirim melalui bandara”
 
Jakarta (infobisnis.co.id)  – Presiden Joko Widodo menyebutkan aktivitas penerbangan di Bandara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, dapat normal dalam waktu seminggu, sehingga kehidupan masyarakat juga normal kembali. 

“Kemarin, bandara sudah bisa dipakai meskipun baru 2.000 meter, tapi ini segera dalam seminggu akan diselesaikan, sehingga normal kembali kehidupan sehari-hari masyarakat di sana,” kata Presiden Jokowi usai Upacara Peringaran Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur,  Senin. 

Menurut Kepala Negara, keberadaan bandara sangat vital karena berbagai bantuan kebutuhan masyarakat dikirim melalui bandara. 

Bantuan berupa makanan, air minum, dan kebutuhan lain seperti bahan bakar minyak harus dikirim melalui bandara tersebut. 

Menurut dia, karena bandara belum normal,  pengiriman BBM terkendala sementara jalur daratnya juga putus karena ada jembatan runtuh dan tanah longsor. 

Presiden juga menyebutkan bahwa kondisi di Palu dan sekitarnya masih darurat. Evakuasi terhadap korban gempa dan tsunami belum selesai.

“Evakuasi belum selesai, banyak tempat-tempat yang tidak bisa dilakukan evakuasi karena alat berat belum ada, tapi tadi malam alat berat mulai masuk ke Palu,” katanya.  

Sementara mengenai jaringan telekomunikasi, Presiden Jokowi mengatakan lebih dari 1.000 menara (base transceiver station/BTS) dalam keadaan rusak. 

“Sudah kita mulai proses perbaikan, tapi akan memakan waktu,” katanya.

Presiden menyebutkan hingga saat ini masih menunggu laporan kondisi di daerah lain yang juga terdampak gempa dan tsunami.

“Ini juga kita akan lihat misalnya keadaan Donggala seperti apa, kita juga lihat keadaan di Parigi Moutong dan Sigi seperti apa. Semuanya memang belum kelihatan dan evakuasi masih berjalan,” kata Presiden Jokowi. (Antara)

Bursa China Naik Seiring Penguatan Bursa Saham Global

17

Jum’at, 28 September 2018

Beijing (infobisnis.co.id) – Saham-saham China dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat pagi, dengan Indeks Komposit Shanghai naik 0,09 persen menjadi diperdagangkan di 2.794,26 poin.

Laporan Xinhua menyebutkan, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China, dibuka menguat 0,20 persen menjadi diperdagangkan pada 8.351,63 poin.

Sementara itu, indeks ChiNext, yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya NASDAQ China, bertambah 0,26 persen menjadi diperdagangkan di 1.403.96 poin. (Antara)