Monday, August 20, 2018
Home Blog

Apple Diprediksi Punya 600 Apple Store Pada 2023

0

Senin, 20 Agustus 2018

Jakarta (infobisnis.xo.id) – Catatan yang ditulis oleh analis Loup Ventures, Gene Munster, kepada kliennya memperkirakan bahwa Apple akan memiliki 600 Apple Stores di seluruh dunia pada 2023.

Sebagai informasi, dilansir dari Phone Arena, saat ini, Apple memiliki 511 Apple Store.

Munster mengatakan bahwa toko tersebut memberikan perusahaan apa yang dia sebut sebagai “keunggulan kompetitif” berkat 65.000 karyawan ritel yang dapat menyebarkan “doktrin” Apple kepada konsumen secara langsung.

Sebagai perbandingan, Microsoft memiliki 6.000 karyawan ritel, yang merupakan jumlah terbesar kedua setelah Apple.

Munster mengatakan bahwa kedua negara yang akan mengalami pertumbuhan terbesar di Apple Stores selama lima tahun ke depan adalah China dan India.

China saat ini memiliki 50 toko, dan analis mengharapkan Apple Store India pertama akan dibuka dalam waktu enam bulan ke depan.

Dengan pertumbuhan itu, jumlah karyawan Apple Store diperkirakan mencapai 80.000 pada 2023.

Munster menulis bahwa Apple Store adalah outlet yang memungkinkan Apple untuk memamerkan “kualitas, desain, pengalaman, inspirasi, kemudahan penggunaan, dan privasi perangkatnya.” (Antara)

Lindungi Konsumen Dan Investor kecil, Pertamini Akan Diregulasi

0

Senin, 20 Agustus 2018

“Tujuannya, para pelaku usaha pertamini agar mengetahui regulasi dalam menjalankan usaha minyak dan gas”
 
Pekalongan (infobisnis.co.id) – Maraknya pedagang bahan bakan minyak (BBM) berpompa yang dikenal dengan sebutan pertamini, mendorong Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berencana menerbitkan regulasi mengenai keberadaan usaha kecil tersebut.

Retail Marketing Area IV PT Pertamina Fahrizal di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa PT Pertamina dengan pemerintah kota dan pemangku kepentingan sepakat akan menertibkan pertamini yang kini banyak dikelola oleh masyarakat.

“Regulasi pertamini memang diperlukan sebagai upaya melindungi masyarakat dari sisi baik keamanan, mutu, maupun takaran. Pemkot Pekalongan akan menerbitkan aturan khusus untuk mengatur keberadaan pertamini,” katanya.

Menurut dia, PT Pertamina tidak ingin mematikan usaha kecil masyarakat sehingga mereka akan diberikan pembinaan agar tidak merugikan semua pihak baik dari sisi keamanan, mutu, maupun takaran.

Para pelaku usaha pertamini, kata dia, akan dikumpulkan dan kemudian diberi sosialisasi serta lokakarya terkait dengan peraturan yang harus dilaksanakan.

“Tujuannya, para pelaku usaha pertamini agar mengetahui regulasi dalam menjalankan usaha minyak dan gas (migas) baik mulai dari mutu, takaran hingga harga yang ditetapkan,” katanya.

Ia mengatakan, maraknya usaha pertamini memang sudah saat dibenahi semua dan dicermati bersama agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari di masyarakat atau konsumen.

“Mengenai faktor keamanan, nantinya para pemangku kepentingan akan mencermati mana lokasi yang benar membutuhkan pertamini bisa melakukan penjualan. Kami tidak ingin masyarakat salah investasi karena tidak tahu peraturannya,” kata dia. (Antara)

Ini Tantangan Utama Produksi Bawang Merah Berkualitas Ekspor

0

Senin, 20 Agustus 2018

“Justru kalau di musim kering, selama airnya tercukupi, kualitasnya sangat bagus, bisa besar-besar bawangnya”
 
Jakarta  (infobisnis.co.id) – Ketua Umum Dewan Bawang Merah Indonesia (DBMI) Mudatsir mengatakan pasokan air menjadi tantangan untuk memproduksi bawang merah terutama dengan kualitas ekspor di tengah musim kemarau panjang.

“Justru kalau di musim kering, selama airnya tercukupi, kualitasnya sangat bagus, bisa besar-besar bawangnya. Tantangannya harus siap dengan pasokan air, bagaimana selalu tercukupi,” kata Mudatsir saat dihubungi Antaranews di Jakarta, Minggu.

Mudatsir menjelaskan di tengah musim kemarau yang diperkirakan terjadi sampai September, justru hasil produksi bawang merah memiliki kualitas yang lebih baik dari musim hujan.

Bawang merah yang dihasilkan akan memiliki umbi yang besar, sehat, dan memiliki volume tonase yang sesuai dengan kualitas ekspor serta produktivitas yang lebih tinggi.

Namun, ia juga mengingatkan tantangan yang dihadapi petani, yakni terbatasnya stok air karena musim kemarau. Pasalnya, bawang merah termasuk komoditas yang sangat membutuhkan air selama masa penanaman.

Mudatsir menjelaskan bahwa sejumlah petani terutama di sentra produksi bawang merah, seperti Brebes, dan wilayah di Jawa Timur, seperti Nganjuk, Malang, Probolinggo, Bojonegoro, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Mojokerto, hingga Bondowoso, sudah mempersiapkan pompa air untuk mencukupi pasokan air.

Kementerian Pertanian menyebutkan ciri-ciri bawang merah berkualitas ekspor adalah berukuran diameter minimal 2,5 cm, berbentuk bulat tidak lonjong, dan berwarna merah terang. Waktu panen terbaik untuk bawang merah yakni sepanjang Juli sampai November.

Mudatsir menambahkan target ekspor bawang merah sebesar 15.000 ton sepanjang 2018 yang ditetapkan Kementerian Pertanian dinilai realistis untuk dicapai.

Hal itu karena luas tanam bawang merah nasional diperkirakan mencapai 120 ribu ha dengan produksi rata-rata sekitar 10,5 sampai 11 ton per hektare.

Dengan kebutuhan nasional sekitar 900 ribu sampai 1 juta ton, Mudatsir memperkirakan masih ada surplus sekitar 200 ribu ton.

“Hanya saja surplus itu ada yang susut, jadi kalau misalkan target ekspor 15 ribu ton ya realistis,” kata dia.

Adapun Kementerian Pertanian menargetkan ekspor bawang merah sepanjang 2018 sebanyak 15 ribu ton, atau naik dua kali lipat dari tahun lalu sebanyak 7.750 ton.

Data Kementan menunjukkan, penghentian impor bawang merah sudah dilakukan sejak 2016 dan Indonesia mengekspor sebanyak 736 ton. Setahun kemudian yakni pada 2017, Indonesia kembali mengekspor sebanyak 7.750 ton atau naik 93,5 persen dari tahun sebelumnya.

Ekspor tersebut sejalan dengan naiknya luas areal tanam bawang merah, jadi 158.172 hektare pada tahun 2017 atau naik 5,71 persen dibanding tahun 2016. Kabupaten Brebes menyumbang 18,5 persen areal tanam bawang merah secara nasional. (Antara)

BRI Malaysia Dulang Pembukaan Tabungan TKI

0

Senin, 20 Agustus 2018

“Para TKI sangat antusias dan banyak yang membuka rekening, karena mereka tidak banyak waktu untuk bisa keluar dari tempat bekerja sehari-hari-nya”
 
Kuala Lumpur (infobisnis.co.id) – Banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) membuka tabungan setelah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malaysia melakukan sosialisasi cara menabung dan transfer uang ke Tanah Air.

Sosialisasi dilakukan disela-sela Pekan Olah Raga dan Seni Ikatan Pekerja Muslim Indonesia (IPMI) yang diselenggarakan di Sekolah Kebangsaan Putra Heights 2, Putra Heights, Kuala Lumpur, Minggu (19/8).

“Acara tersebut mengambil tema Peran TKI Dalam Perjuangan Dakwah yang dihadiri 600 orang anggota IPMI. Kami mensponsori kegiatan tersebut,” ujar Country Manager BRI Malaysia, Budi Pratama.

Dia mengatakan BRI selaku bank BUMN berperan memberikan edukasi perbankan kepada para TKI di Malaysia salah satu-nya melalui bagaimana cara mudah untuk menabung dan  menggunakan layanan remittance (jasa transfer uang)  di Malaysia.

“Pada kegiatan tadi dibuka layanan untuk membuka rekening. Para TKI sangat antusias dan banyak yang membuka rekening, karena mereka tidak banyak waktu untuk bisa keluar dari tempat bekerja sehari-hari-nya. Jadi pada kesempatan seperti itu mereka manfaatkan untuk membuka rekening,” katanya.

Budi mengatakan selanjutnya bagi TKI yang jauh dari lokasi remittance nanti petugas yang akan mendatangi mereka.

“Nanti petugas remittance yang akan mendatangi tempat-tempat mereka. Para TKI ini bekerja di kilang, pabrik dan lain-lain,” katanya.

Yang ikut bergabung pada kegiatan tersebut, ujar Budi, ada dua remittance yakni Merchantrade Asia dan Golden KL Union.

Sejumlah remittance yang sudah bekerja sama dengan BRI adalah Merchantrade Asia, Ria Money Transfer, Kl Remit Exchange, Golden KL Union, Valyou, Smj Teratai, Ez Money Express, CBL Money Transfer, UAE xchange Malaysia dan Placid Express.

Ketua IPMI Malaysia, Agung mengatakan Porseni tersebut merupakan kegiatan tahunan untuk menyambut HUT Kemerdekaan. (Antara)

Bank Sentral Qatar Dan Turki Tanda Tangani Perjanjian Swap

0

Senin, 20 Agustus 2018

Dubai (infobisnis.co.id) – Bank sentral Qatar dan Turki telah menandatangani perjanjian swap mata uang untuk menyediakan likuiditas dan dukungan bagi stabilitas keuangan, kata bank sentral Qatar, Minggu (19/8), beberapa hari setelah sekutu Turki itu menjanjikan dukungan dana 15 miliar dolar AS.

Perjanjian, yang ditandatangani oleh gubernur kedua bank sentral pada Jumat (17/8) itu akan membentuk garis tukar mata uang dua arah,

Bank sentral Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situs webnya seperti dikutip dari Reuters.

Emir Qatar bulan ini menyetujui sebuah paket proyek ekonomi, investasi, dan deposito untuk Turki, yang memberikan dorongan untuk mata uang lira yang telah tertekan terus-menerus, terpukul oleh meluasnya krisis mata uang. (Antara)

Pertamina Tambah Tiga SPBU Satu Harga di NTT

0

Sabtu, 18 Agustus 2018

“Nanti ada satu SPBU satu harga di Sabu dan satu lagi di Raijua”
 
Kupang (infobisnis.co.id) – Tiga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) satu harga segera beroperasi di dua daerah di provinsi berbasis kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Agustus 2018.

“Satu SPBU satu harga sudah beroperasi di Atambua, Kabupaten Belu. Tiga SPBU satu harga lagi segera dioperasikan,” kata Area Manager Comunication dan Relation PT Pertamina Jawa Timur, Bali, Nusa Tengggara, Rifki Rakhman Yusuf kepada Antaranews di Kupang, NTT, Sabtu.

Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar implementasi BBM satu harga pada daerah terdepan, terbelakang, dan tertinggal (3T) di provinsi yang berbatasan dengan dua negara tetangga yakni berbatasan darat dengan Timor Leste dan laut dengan Autsralia itu.

Tiga SPBU satu harga yang akan dioperasikan pada Agustus ini adalah dua di Kabupaten Sabu Raijua dan Borong di Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores.

“Nanti ada satu SPBU satu harga di Sabu dan satu lagi di Raijua,” katanya menjelaskan.

Selain tiga SPBU satu harga yang siap dioperasikan, saat ini sedang dibangun pula empat SBPU satu harga yang diperkirakan akan mulai beroperasi pada akhir 2018 ini.

Ke-empat SBPU satu harga itu adalah satu di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Iteng dan Pocoranaka di Kabupaten Manggarai Timur dan satu SPBU satu harga di Ende.

Branch Manager Marketing PT Pertamina (Persero) NTT, Mardian secara terpisah menjelaskan, stok semua jenis BBM di NTT, terbilang cukup aman untuk beberapa bulan ke depan.

“Secara keseluruhan, stok BBM masih dalam posisi aman. Kami punya delapan depot Pertamina yang tersebar di pulau-pulau besar seperti Flores, Sumba dan Pulau Timor,” kata Mardian.

Menurut dia, ketersediaan stok BBM di daerah-daerah kepulauan seperti NTT, memang sangat tergantung pada kapal yang mengangkut BBM.

Jika kapal terlambat atau tidak mendapatkan izin berlayar karena faktor cuaca, maka stok BBM bisa jadi akan kosong, katanya. (Antara)

Wall Street Naik Didukung Kemajuan Perundingan Dagang AS-Tiongkok

39

18, Agustus 2018

“Fakta bahwa pemerintah mungkin menyelesaikan (sengketa perdagangan) lebih cepat…”
 
New York (infobisnis.co.id) – – Saham-saham di Wall Street naik pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan S&P 500, dan Dow Jones Industrial Average memperpanjang keuntungan dan Nasdaq berubah positif didukung laporan kemajuan dalam sengketa tarif antara Amerika Serikat dan mitra dagangnya Tiongkok dan Meksiko.

Perunding Tiongkok dan AS sedang merencanakan pembicaraan untuk menyelesaikan sengketa perdagangan mereka menjelang pertemuan pada November, Wall Street Jurnal melaporkan pada Jumat (17/8).

Selain itu, menteri ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo, mengatakan dia berharap dapat menyelesaikannya isu-isu bilateral luar biasa tentang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) pada pertengahan minggu depan.

“Ancaman perang dagang mengancam aktivitas ekonomi,” kata Stephen Massocca, wakil presiden senior di Wedbush Securities di San Francisco. “Fakta bahwa pemerintah mungkin menyelesaikan (sengketa perdagangan) lebih cepat, tanpa kerangka waktu berkelanjutan dari aktifitas ekonomi yang lambat karena tarif, menjadi pertanda baik untuk pasar.”

Saham-saham industri yang rentan perdagangan memimpin kenaikan di S&P 500 dan Dow, dengan sektor industri S&P 500 meningkat 0,6 persen. Sektor ini dipimpin lebih tinggi oleh kenaikan 2,3 persen saham Caterpillar Inc.

 Untuk minggu ini, S&P dan Dow membukukan kenaikan mingguan, tetapi Nasdaq menunjukkan kerugian untuk periode yang sama.

Menyusul proyeksi suram, saham Nvidia Corp dan Applied Materials Inc masing-masing turun 4,9 persen dan 7,7 persen, mendorong indeks Philadelphia SE Semiconductor 0,7 persen lebih rendah.

Di antara apa yang disebut kelompok saham FAANG, semuanya turun kecuali Apple Inc. Pembuat smartphone ini naik 2,0 persen ke penutupan tertinggi sepanjang masa.

Netflix Inc membukukan kerugian keenam berturut-turut. Selain Apple dan Netflix, kelompok saham FAANG termasuk Facebook, Inc, Amazon.com, dan induk perusahaan Google, Alphabet Inc.

Saham Tesla Inc anjlok 8,9 persen, hari terburuknya dalam lebih dari dua tahun, setelah wawancara Chief Executive Elon Musk dengan New York Times dan UBS mengatakan perusahaan bisa kehilangan 6.000 dolar AS pada setiap sedan Model 3 karena biaya powertrain.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 110,59 poin atau 0,43 persen menjadi 25.669,32 poin, indeks S&P 500 bertambah 9,44 poin atau 0,33 persen menjadi 2.850,13 poin dan Indeks Komposit Nasdaq menambahkan 9,81 poin atau 0,13 persen, menjadi 7.816,33 poin.

Musim pelaporan laba kuartal kedua mendekati garis finish. Dari 467 perusahaan di S&P 500 yang telah melaporkan labanya, 79,2 persen telah mengalahkan perkiraan konsensus, menurut Thomson Reuters.

Semua 11 sektor utama dalam S&P 500 berada di wilayah positif wilayah.

Volume transaksi di bursa AS mencapai 6,06 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 6,53 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir. (Antara)

Pengamat: Harga Bawang Perlu Dijamin Pemerintah

0

Sabtu, 18 Agustus 2018

“Dengan APBD yang dimiliki pemda, maka di sentra-sentra produksi bawang merah yang dimiliki petani lokal bisa dibeli pemda”
 
Jakarta (infobisnis.co.id) – Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengingatkan agar pemerintah dapat memastikan jaminan harga bawang merah yang kompetitif dan menguntungkan bagi produsen bawang merah akan meningkatkan ekspor komoditas tersebut.

“Yang penting itu jaminan harga baik bagi produsen maupun konsumen,” kata Khudori ketika dihubungi Antaranews, di Jakarta, Jumat.

Menurut Khudori, jaminan harga bagi produsen dan eksportir merupakan hal yang penting agar mereka juga mau menanam lebih banyak sehingga produktivitas juga meningkat sehingga akan semakin banyak pula bawang merah yang bisa diekspor.

Ia berpendapat bahwa selama ini ada semacam ketidakadilan di mana bila harga komoditas melesat, maka banyak yang teriak dan pemerintah segera mengintervensi, tetapi hal yang sama tidak terjadi sebaliknya.

Untuk itu, ujar dia, seharusnya pemerintah daerah terutama di sentra-sentra produksi bawang merah dapat memberikan kebijakan stabilisasi, yaitu bila harga bawang merah jatuh, maka pihak pemerintah akan membelinya dengan harga yang kompetitif sehingga produsen tidak terlalu dirugikan.

“Dengan APBD yang dimiliki pemda, maka di sentra-sentra produksi bawang merah yang dimiliki petani lokal bisa dibeli pemda dengan harga yang menguntungkan,” ucapnya.

Khudori juga menuturkan penting bagi pemerintah untuk dapat memperluas lahan-lahan produksi bawang merah dalam rangka mengembangkan komoditas tersebut di sejumlah daerah potensial.

Sebagaimana diwartakan, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Pertanian Ani Andayani mengatakan sebanyak empat komoditas pangan yang sempat impor, yakni beras, jagung, bawang merah, dan cabai telah mampu swasembada.

“Empat komoditas pangan itu sudah kita raih bahkan telah membalikkan fenomenal yang semula bawang merah itu impor dari beberapa negara yaitu Thailand dan Vietnam, pada 2017 dan 2018 telah ekspor ke beberapa negara,” katanya dalam pembukaan Gelar Promosi Agribisnis di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (27/7).

Ani Andayani menyebutkan produk bawang merah tersebut, antara lain berasal dari Sulawesi, NTB, bahkan dari NTT telah ekspor ke Timor Leste. (Antara)

PWI Kampanyekan Aman Berlayar di Danau Toba

0

Sabtu, 18 Agustus 2018

Simalungun, Sumut (infobisnis.co.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengampanyekan gerakan aman berlayar di perairan Danau Toba pada perayaan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, kemarin.

Belasan anggota organisasi profesi kewartawanan tertua di Indonesia itu bersama sejumlah pelaku usaha bidang transportasi air dan wartawan lain, menumpang kapal kayu Ops Marihat Meriah mengelilingi Danau Toba di Parapat.

Ketua PWI Simalungun, Efendi Damanik mengatakan, kegiatan dalam memeriahkan HUT RI itu untuk mengembalikan keberanian masyarakat, khususnya wisatawan untuk berkunjung dan berlayar ke Danau Toba.

Masyarakat diharapkan tidak mngalami trauma berkepanjangan atas musibah kapal muatan Sinar Bangun 4 yang tenggelam pada 18 Juni 2018 di perairan Danau Toba kawasan Tiga Ras Simalungun.

Dia menginformasikan, para pemilik kapal kayu telah melakukan perbaikan dan pembenahan pelayaran yang aman dan nyaman sesuai dengan ketentuan demi keselamatan penumpang.

Elemen masarakat dan Pemerintah daerah provinsi dan pusat serta departemen terkait diimbau untuk melakukan terobosan dan langkah solutif bagi pelaku wisata di kawasan Danau Toba.

Tragedi kapal tenggelam itu berdampak pada pelaku wisata sekitaran Danau Toba, bukan hanya kawasan lokasi kejadian di rute penyeberangan Tiga Ras Kabupaten Simalungun – Simanindo Kabupaten Samosir.

“Usaha kami turut terkena imbasnya, penumpang turun drastis,” kata Ramsen Siallagan, pengelola kapal kayu rute Parapat – Tomok dan Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir.

Dia berharap kampanye sekaligus publikasi dari PWI setempat menjadi langkah awal menuju peningkatan kunjungan wisatawan dan diikuti lembaga lainnya.

Para pemilik kapal juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan itu yang dinilai sebagai upaya nyata pelipur keprihatinan terhadap usaha mereka. (Antara)

Indeks IBEX-35 Spanyol Ditutup Turun 0,11 Persen

0

Sabtu, 18 Agustus 2018

Madrid, (infobisnis.co.id) – Saham-saham Spanyol berakhir lebih rendah pada perdagangan Jumat (17/8), dengan indeks acuan IBEX-35 di Madrid turun 0,11 persen atau 10,10 poin, menjadi 9.417,30 poin.

Sebanyak 17 saham dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar yang tergabung dalam komponen indeks IBEX-35 mencatat penurunan harga.

Perusahaan otomotif CIE Automotive kehilangan 2,36 persen, menderita kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau “blue chips”.

Diikuti oleh saham perusahaan asuransi Mapfre yang merosot 1,13 persen dan bank keempat terbesar Spanyol Bankia turun 1,10 persen.

Sementara itu, jaringan supermarket DIA melonjak 2,06 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan.

Selanjutnya, saham perusahaan farmasi Grifols dan perusahaan energi terbarukan Siemens Gamesa, yang masing-masing naik 1,99 persen dan 1,92 persen. (Antara)