Monday, June 18, 2018
Home Blog

Penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta Melonjak

0

Sabtu, 9 Juni 2018

Jakarta (infobisnis.co.id) – Sekitar 5.000 pemudik memadati Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta setiap harinya selama masa angkutan Lebaran 2018.

Menurut Direktur Operasional & Teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, memasuki bulan keenam beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta yang juga bertepatan dengan masa angkutan mudik Lebaran 2018, terjadi lonjakan volume penumpang per hari yang signifikan.

“Geliat angkutan mudik Lebaran mulai terlihat nyata dengan meningkatnya penumpang KA Bandara hingga lebih dari 5.000 orang per hari,” katanya.

Hal itu, lanjut dia, indikasi bahwa masyarakat sudah semakin mengenal KA Bandara sebagai salah satu alternatif moda transportasi menuju bandara di masa angkutan mudik Lebaran 2018.

“Kami selaku operator KA Bandara Soekarno Hatta terus berupaya memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik bagi penumpang KA Bandara dan juga untuk mendukung lancarnya masa angkutan mudik Lebaran 2018 ini,” kata Porwanto.

Upaya peningkatan layanan yang dilakukan PT Railink pada bulan Ramadhan 2018 ini, antara lain dengan adanya pemberian takjil gratis di jam-jam keberangkatan KA tertentu selama Ramadhan sejak 17 Mei 2018 hingga 14 Juni 2018.

Dari sisi tiket, PT. Railink telah meluncurkan program “perfeq rider” dengan dukungan dari enam bank pada Kamis, 7 Juni 2018.

“Kami sangat berharap bahwa program ini bisa mempermudah para penumpang dalam pembelian tiket KA Bandara,” ujarnya.

Selain itu, PT Railink juga mempercantik stasiun-stasiunnya dengan dekorasi tematik untuk menambah nuansa Ramadhan dan Idul Fitri. (Antara)

Mendag Pantau Harga Pangan di Palangka Raya

0

Sabtu, 9 Juni 2018

Palangka Raya (infobisnis.co.id) – Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita memantau kondisi harga serta ketersediaan bahan pangan di sejumlah pasar tradisional di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu.

Mendag di Pasar Besar dan Pasar Kahayan Kota Palangka Raya, melakukan pemantauan didampingi Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani, Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wuryanto, dan sejumlah pejabat lainnya.

“Kita mengapresiasi dan berterima kasih Mendag datang langsung memantau sejumlah pasar di Palangka Raya. Ini memberikan dampak bagi terkendalinya harga-harga pangan,” kata Anggota DPR RI asal Kalteng Hamdhani di Pasar Kahayan.

Menurut anggota Fraksi Partai Nasdem ini, ketersediaan bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri cenderung aman dan harga-harga pun relatif stabil di seluruh Indonesia. Pendapat ini diperkuat dengan belum masifnya operasi pasar yang dilakukan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

Hamdhani mengatakan Komisi VI DPR RI yang salah satu tugasnya mengawasi harga dan ketersediaan bahan pangan, memang selalu mengingatkan Pemerintah Pusat maupun daerah untuk bersama-sama menjaganya agar harga kebutuhan pokok tetap stabil selama hari besar.

“Kita melihat memang upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perdagangan sejauh ini sudah bagus. Ya, kita harapkan ini bisa tetap dipertahankan dan distabilkan,” katanya.

Pria yang pernah menjadi Anggota DPD RI periode 2009-2014 ini juga mengapresiasi langkah dan upaya yang telah dilakukan Satgas Pangan Polda Kalteng. Dia melihat satgas pangan di Kalteng ini rutin turun dan memantau harga-harga di sejumlah pasar tradisional maupun modern.

Dia mengatakan langkah yang telah dilakukan Satgas Pangan bersama Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kalteng ini membuat harga tetap stabil. Para oknum yang coba-coba untuk melakukan penimbunan pun dapat diminimalisasi.

“Meskipun begitu, saya tetap mengharapkan satgas pangan dan TPID Kalteng terus bergerak memantau harga dan ketersediaan pangan. Jangan lengah sedikit pun. Ini untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri,” demikian Hamdhani. (Antara)

Rini Lepas Keberangkatan 26.000 Penumpang Mudik BUMN

0

Sabtu, 9 Juni 2018

Jakarta (infobisnis.co.id) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada Sabtu pagi melepas keberangkatan 26.000 penumpang dalam kegiatan Mudik Gratis Bareng BUMN di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara.

Menteri Rini tiba di lokasi sekitar pukul 07.30 WIB, didampingi oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, yang juga sebagai Ketua Satgas Mudik Gratis BUMN 2018.

“Saya sangat bangga datang ke sini melihat begitu banyak bus untuk persiapan mudik karena tahun ini animonya besar dan kami gunakan pendaftaran dengan internet kelihatannya menjadi solusi,” kata Rini.

Pada pemberangkatan mudik hari ini, ada 26 ribu penumpang yang diberangkatkan dengan armada sebanyak 485 bus pariwisata. Sebelumnya, sejumlah BUMN, seperti PT Jamkrindo, PT Pegadaian, PT Jasa Raharja, telah memberangkatkan pemudik dari kantor pusat masing-masing

Dalam tinjauannya, Menteri Rini pun turut meninjau kesiapan dan fasilitas di dalam bus pariwisata sambil menyapa para pemudik serta tak lupa mengajak foto bersama.

Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN untuk yang keempat kali oleh Kementerian BUMN ini melibatkan 62 BUMN dengan 177 kota tujuan baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia.

Rini mengungkapkan, program Mudik Bareng BUMN 2018 merupakan salah satu wujud dari sinergi BUMN dalam melayani masyarakat. Selain sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, program ini bertujuan mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda transportasi yang relatif aman seperti, bus, kereta api dan kapal laut.?

Rini juga mengapresiasi jumlah pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 yang tercatat meningkat menjadi 206.209 pemudik atau naik 74,43 persen dari sebelumnya 118.220 pemudik di tahun 2017. Sementara kota tujuan pun bertambah menjadi 108 kota tujuan dari sebelumnya 84 kota tujuan di 2017.

“Saya berharap, tahun depan jumlahnya terus meningkat. BUMN yang bersinergi juga akan semakin banyak. Saya akan terus mendorong BUMN untuk terlibat dalam program-program yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Menteri Rini.

Tahun 2018, PT Jasa Raharja (Persero) ditunjuk sebagai Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2018 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN No: SK30/MBU/01/2018 tanggal 22 Januari 2018 tentang Pembentukan Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2018.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, mengatakan untuk mengakomodasi kenaikan jumlah peminat yang bergabung dalam program mudik bersama ini, BUMN-BUMN yang terlibat memberikan banyak pilihan moda transportasi bagi pemudik baik transportasi darat, laut dan udara.

Secara rinci, Budi menjelaskan jumlah bus yang dioperasikan dalam Mudik Bareng BUMN 2018 tercatat sebanyak 3.490 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 164.412, naik dari sebelumnya 1.920 unit bus dengan jumlah pemudik tercatat 99.576 orang di 2017.

Untuk transportasi darat dengan menggunakan kereta api, tercatat jumlah kereta api yang diberangkatkan tercatat sebanyak 37 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 11. 432, naik dari sebelumnya 11 unit dan jumlah pemudik 6.264 orang di 2017.

Untuk transportasi laut, jumlah kapal yang disediakan di 2018 tercatat sebanyak 98 unit dengan jumlah pemudik 98.008 orang, mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya 18 unit kapal dengan 11.075 pemudik di tahun 2017.

Sementara untuk transportasi udara, jumlah pesawat meningkat menjadi 52 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 1.360 orang, naik dari sebelumnya 24 unit dengan jumlah pemudik 1.305 orang.

“Apresiasi kami berikan kepada semua BUMN yang terlibat dalam program ini. Untuk keempat kalinya kami dipercayakan sebagai ketua satgas dan setiap tahun partisipasi BUMN selalu meninkat begitu juga minat pemudik juga terus meningkat,” kata Budi

Jika selama ini tujuan program mudik BUMN cenderung hanya ke kota-kota di Pulau Jawa dan Lampung, kini kota tujuan meliputi kota di Pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

Untuk Pulau Jawa tercatat ada 24 kota atau meningkat tajam dari sebelumnya hanya 8 kota tujuan pada 2017, sementara untuk luar pulau Jawa tercatat ada 37 kota dari sebelumnya hanya 14 kota.

Ia menambahkan, untuk menjamin kenyaman dan keamanan peserta Mudik Bareng BUMN tahun 2018, bus yang disiapkan telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan dan kepada para peserta mudik diberikan fasilitas antara lain bus pariwisata dengan minimal pembuatan tahun 2012 dilengkapi alat kelengkapan keselamatan, fasilitas Reclining seat, AC, serta video player serta test urine dan sosialisasi keselamatan kepada pengemudi dan rampcheck untuk bus yang digunakan.

Sementara untuk kapal, disediakan toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, musholla, hingga area parkir serta diberi kemudahan pengaturan jadwal keberangkatan saat mudik dan balik dengan pembelian tiket online. (Antara)

Warung Dadakan Bermunculan di Jalur Mudik Karawang-Subang

0

Sabtu, 9 Juni 2018

Karawang (infobisnis.co.id) – Warung dadakan yang terbuat dari bambu dan terpal bermunculan di jalur mudik, tepatnya di sepanjang jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang hingga Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Warung ini mulai dibangun sejak beberapa hari terakhir. Mudah-mudahan berkah dan mendapatkan tambahan uang untuk Lebaran nanti,” kata Didin, salah seorang pedagang di warung dadakan jalur mudik Karawang, Sabtu.

Ia mengaku tidak hanya pada musim mudik Lebaran tahun ini membuka warung dadakan. Pada musim mudik Lebaran tahun lalu, dirinya juga memanfaatkan ramainya jalur Pantura dengan membuka warung dadakan.

Di warung dadakan itu, pedagang menawarkan aneka makanan dan minuman sederhana, mulai dari mie instan, air mineral, kopi, minuman dingin, dan lain-lain.

Untuk membuka warung dadakan, sejumlah pedagang mengaku menghabiskan modal sekitar Rp2-3 juta. Modal itu digunakan untuk biaya pembangunan warung dadakan hingga belanja aneka makanan dan minuman yang dijajakan.

Seorang warga Karawang lainnya yang membuka warung dadakan, Yuni, juga mengaku hampir setiap tahun membuka warung dadakan setiap musim mudik Lebaran.

“Setiap tahun (musim mudik), sejak tiga tahun lalu saya selalu membuka warung dadakan. Karena ya lumayan untungnya,” kata dia.

Berkaca pada musim mudik Lebaran tahun lalu, saat arus mudik di jalur Pantura dipadati kendaraan, ia bisa meraup keuntungan hingga Rp1-2 juta per hari. (Antara)

Aneka Promo Berbelanja Hingga Pameran Desain di Jakarta Hari Ini

9

Sabtu, 9 Juni 2018

Jakarta (infobisnis.co.id) – Kurang dari sepekan sebelum sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, sejumlah pusat perbelanjaan menawarkan ragam promo berbelanja, terutama untuk produk fashion.

Dalam keterangan tertulisnya, Central Park dan Neo Soho Mall di Jakarta Barat akan menggelar program belanja dalam rangka bulan Ramadhan bertema “Shopping Marathon Till Midnight Extended” pada Sabtu ini.

“Setelah melihat antusiasme customer yang tinggi di Shopping Marathon Till Midnight berlangsung 3 hari dari tanggal 1 hingga 3 Juni 2018 lalu, kami persembahkan kembali penawaran-penawaran menarik dan potongan harga hingga 80 persen yang ditunggu-tunggu akan dihadirkan dalam rangkaian Glorious Spirit,” kata Silviyanti Dwi Aryati, Senior Marcomm Manager Central Park dan Neo Soho Mall dalam keterangannya.

Pusat perbelanjaan lainnya, antara lain Mal Artha Gading hingga Jakarta Fair juga masih menawarkan ragam promo berbelanja. Adapun Lippo Mal Puri juga masih menggelar Hijab Fest sampai Minggu (10/6) besok, dan JakCloth Lebaran Jakarta juga menawarkan ragam produk pakaian anak muda.

Selain di pusat perbelanjaan, Masjid Raya Pondok Indah Jakarta Selatan juga menggelar “Ramadan Bazaar” yang menawarkan ragam produk pakaian untuk berlebaran.

Agenda lainnya yang akan digelar hari ini adalah pameran desain Satu Ruang 2018 yang digelar di Art:1 New Museum, ArtSpace G3, Jakarta Pusat. Pameran itu akan menampilkan 25 karya desain terbaik.(Antara)

Wall Street Berakhir Naik di Tengah Ketakutan KTT G7

1
wallstreet

Sabtu, 9 Juni 2018

New York (infobisnis.co.id) – Saham-saham di Wall Street lebih tinggi pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor mengabaikan kekhawatiran tentang ketegangan perdagangan global, tetapi volume perdagangan relatif ringan menjelang pertemuan bank sentral pekan depan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 75,12 poin atau 0,30 persen, menjadi berakhir di 25.316,53 poin. Indeks S&P 500 meningkat 8,66 poin atau 0,31 persen, menjadi ditutup di 2.779,03 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup meningkat 10,44 poin atau 0,14 persen menjadi 7.645,51 poin, lapor Xinhua.

Dow membukukan sesi positif ketiga berturut-turut dan ditutup pada rekor tertinggi sejak Maret. Keuntungan Dow pada Jumat (8/6) disumbangkan oleh Home Depot dan P&G. Saham kedua perusahaan ini naik lebih dari satu persen pada penutupan pasar. Saham-saham lainnya dalam indeks utama juga berhasil mengamankan beberapa kemajuan.

Di sisi ekonomi, total persediaan pedagang grosir, kecuali cabang dan kantor penjualan produsen, setelah penyesuaian untuk variasi musiman tetapi tidak untuk perubahan harga, adalah 630,2 miliar dolar AS pada akhir April, naik 0,1 persen dari tingkat Maret yang direvisi.

Angka tersebut juga naik 5,8 persen dari tingkat April 2017 yang direvisi, Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Jumat (8/6).

Investor tampaknya mengesampingkan kekhawatiran tentang hubungan AS dengan mitra dagang utamanya. Negara-negara besar G7 memulai apa yang diperkirakan menjadi pertemuan tegang, setelah keputusan Presiden AS Donald Trump mengenakan tarif atas impor baja dan aluminium dari Kanada, Uni Eropa dan Meksiko.

Harapan untuk setiap terobosan pada pertemuan dua hari di La Malbaie, Quebec, rendah. “Sangat tidak mungkin akan ada komunike akhir,” kata seorang pejabat G7 yang tidak mau disebutkan namanya.

Tetapi beberapa investor tampak ragu-ragu menjelang pertemuan bank sentral AS dan Eropa serta KTT Korea Utara-AS yang ditetapkan untuk 12 Juni.

“Ada banyak hal yang dapat dicerna oleh investor, tetapi ketika Anda memilah-milah kebisingan masih ada banyak kekuatan dalam ekonomi dan itulah yang membuat para investor tetap tertarik,” kata Carol Schleif, Wakil Kepala Investasi, Abbot Downing di Minneapolis.

Secara spesifik, para investor fokus pada ekspektasi untuk pertumbuhan yang kuat di antara perusahaan-perusahaan AS, menurut Katrina Lamb, kepala strategi investasi dan penelitian di MV Financial, di Bethesda, Maryland.

Dia mengutip ekspektasi untuk pertumbuhan penjualan lebih dari tujuh persen tahun ini. Wall Street memperkirakan pertumbuhan laba 2018 mencapai 22,2 persen, menurut Thomson Reuters. (Antara)

Indeks DAX-30 Jerman Ditutup Berkurang 0,35 Persen

0
Pialang bekerja di meja mereka di depan indeks harga saham Jerman, DAX, di bursa saham Frankfurt, Jerman.

Sabtu, 9 Juni 2018

Frankfurt (infobisnis.co.id) – Saham-saham Jerman ditutup lebih rendah pada perdagangan Jumat (8/6), dengan indeks acuan DAX-30 di Bursa Efek Frankfurt berkurang 44,50 poin atau 0,35 persen, menjadi 12.766,55 poin.

Deutsche Post mengalami kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau “blue chips”, dengan sahamnya kehilangan 3,78 persen, lapor Xinhua.

Disusul oleh saham raksasa industri Thyssenkrupp dan Commerzbank, yang masing-masing turun 2,18 persen dan 1,80 persen.

Di sisi lain, perusahaan perangkat lunak multinasional Jerman SAP meningkat 2,03 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar di antara saham-saham unggulan.

Diikuti oleh saham asosiasi perumahan Vonovia yang naik 1,98 persen, serta pembuat pakaian dan peralatan olahraga Adidas menguat 1,81 persen.

Deutsche Post adalah saham yang paling aktif diperdagangkan sepanjang hari dengan omset mencapai 489,03 juta euro (574,80 juta dolar AS). (Antara)

Harga Minyak Turun Akibat Kekhawatiran Meningkatnya Pasokan

0

Sabtu, 9 Juni 2018

New York (infobisnis.co.id) – Harga minyak turun pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena kekhawatiran tentang melonjaknya produksi Amerika Serikat dan turunnya permintaan di Tiongkok membebani kontrak dan JP Morgan memangkas proyeksi harganya.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 21 sen AS menjadi menetap di 65,74 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, lapor Reuters.

Sementara itu, patokan internasional, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus, turun 86 sen AS menjadi ditutup pada 76,46 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Untuk minggu ini, Brent telah turun 0,5 persen, sementara minyak mentah AS atau WTI tergelincir 0,3 persen.

Dalam tiga minggu terakhir, harga minyak telah menurun dari tertinggi tiga tahun karena pasar telah bersaing dengan kekhawatiran pasokan. Pada Jumat (8/6), harga minyak berada di bawah tekanan setelah data menunjukkan permintaan Tiongkok berkurang dan berlanjutnya kekhawatiran tentang peningkatan produksi AS.

Para hedge fund dan manajer uang lainnya memangkas taruhan “bullish” mereka pada kontrak berjangka minyak mentah AS dalam pekan yang berakhir 5 Juni, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS (CFTC) mengatakan.

JP Morgan memangkas proyeksi harga minyak mentah 2018 untuk WTI sebesar tiga dolar AS menjadi 62,20 dolar AS per barel. Bank tersebut mengatakan ketegangan geopolitik dan risiko-risiko gangguan pasokan yang berlarut-larut dapat mendorong harga lebih tinggi selama paruh kedua 2018, mereka memperkirakan harga akan turun lebih rendah di akhir tahun, dan tetap dibatasi pada 2019.

Kontrak berjangka turun setelah prakiraan itu dikeluarkan, dan kemudian memangkas kerugian.

Impor minyak mentah Tiongkok pada Mei turun dari rekor tertinggi bulan sebelumnya, data pabean menunjukkan, karena kilang-kilang yang dikelola negara memasuki pemeliharaan yang direncanakan.

Pengiriman Mei mencapai 39,05 juta ton, atau 9,2 juta barel per hari (bph). Itu dibandingkan dengan 9,6 juta barel per hari pada April.

Harga minyak lebih lanjut tertekan setelah data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan bahwa produksi meningkat, mencapai rekor lagi pada minggu lalu di 10,8 juta barel per hari.

Pengebor minyak AS menambahkan satu rig minyak dalam seminggu yang berakhir 8 Juni, sehingga jumlah total menjadi 862 rig, tingkat tertinggi sejak Maret 2015, perusahaan jasa energi General Baker Co. Baker Hughes mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan cermat.

Lonjakan produksi AS telah menurunkan WTI kedalam sebuah diskon terhadap Brent lebih dari 11 dolar AS per barel, paling curam sejak 2015.

Pasar Masih Ketat

Meskipun terjadi penurunan pada Jumat (8/6), Brent tetap lebih dari 15 persen di atas levelnya pada awal tahun ini.

Bank investasi AS, Jefferies mengatakan pasar minyak mentah ketat dan kapasitas cadangan bisa berkurang menjadi dua persen dari permintaan pada paruh kedua 2018, tingkat terendah setidaknya sejak 1984.

Pasar telah diperketat oleh masalah pasokan di Venezuela, di mana perusahaan minyak milik negara PDVSA sedang kesulitan untuk membersihkan backlog sekitar 24 juta barel minyak mentah yang menunggu untuk dikirim ke pelanggan.

Lebih umum, Brent telah didorong oleh pemotongan produksi sukarela yang diberlakukan tahun lalu, yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia.

OPEC dan Rusia bertemu pada 22-23 Juni untuk membahas kebijakan produksi.

Pada Jumat (8/6), produsen terbesar ketiga OPEC Iran mengkritik permintaan AS terhadap Arab Saudi untuk memompa lebih banyak minyak guna menutupi penurunan ekspor Iran dan meramalkan bahwa OPEC tidak akan mengindahkan permohonan itu.

Berita utama tentang rencana anggota OPEC untuk pertemuan bulan ini akan menyebabkan perubahan pasar yang bergejolak, kata Tariq Zahir, anggota pengelola Tyche Capital Advisors di New York.

“Saya pikir ini akan menjadi sangat berombak,” katanya. (Antara)

Indeks Ibex-35 Spanyol Berakhir Turun 0,84 Persen

14

Sabtu, 9 Juni 2018

Madrid (infobisnis.co.id) – Saham-saham Spanyol berakhir melemah pada perdagangan Jumat (8/6), dengan indeks acuan IBEX-35 di Madrid turun 0,84 persen atau 82,70 poin, menjadi 9.746,30 poin.

Sebanyak 31 saham dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks IBEX-35 mengalami penurunan harga, lapor Xinhua.

Operator bandara Aena menderita kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau “blue chips”, dengan sahamnya jatuh 3,67 persen.

Diikuti oleh saham jaringan supermarket Dia dan perusahaan manufaktur baja ArcelorMittal, yang masing-masing kehilangan 3,24 persen dan 2,47 persen.

Sementara itu, perusahaan kimia dan farmasi Grifols melonjak 3,78 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) dari saham-saham unggulan.

Disusul oleh saham perusahaan casing Viscofan yang naik 1,40 persen dan penyedia solusi teknologi Amadeus bertambah 0,57 persen. (Antara)

Dolar AS Menguat di Tengah KTT G7

0
dolar AS

Sabtu, 9 Juni 2018

New York (infobisnis.co.id) – Kurs dolar AS menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah empat hari beruntun melemah, karena para investor menjadi berhati-hati di tengah apa yang diperkirakan menjadi sebuah KTT G7 kontroversial.

Investor prihatin atas ketegangan antara Amerika Serikat dan mitra dagang utamanya. KTT G7 diselenggarakan di Kanada mulai Jumat (8/6) hingga Sabtu (9/6) waktu setempat, di mana perdagangan diharapkan menjadi agenda utama, lapor Xinhua.

Mata uang “safe haven” yen Jepang meningkat 0,2 persen terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Jumat (8/6). Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, meningkat 0,14 persen menjadi 93,567 pada akhir perdagangan.

Greenback telah berada di bawah tekanan dalam empat sesi sebelumnya, karena euro raeli menyusul berita bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan melepas program pembelian obligasinya dalam pertemuan 14 Juni mendatang.

Mata uang bersama melonjak lebih dari satu persen untuk minggu ini dan ditetapkan akan mencatat kenaikan mingguan terbesarnya sejak pertengahan Februari.

Pada akhir perdagangan New York, euro turun menjadi 1,1768 dolar AS dari 1,1808 dolar AS di sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,3416 dolar AS dari 1,3426 dolar AS di sesi sebelumnya. Dolar Australia jatuh ke 0,7600 dolar AS dari 0,7620 dolar AS.

Dolar AS dibeli 109,47 yen Jepang, lebih rendah dari 109,73 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS naik ke 0,9852 franc Swiss dari 0,9803 franc Swiss, dan jatuh ke 1,2937 dolar Kanada dari 1,2979 dolar Kanada. (Antara)