Bamus Betawi Riau Gelar Bakti Sosial Donor Darah Di KepriMall

0
194

Dalam rangka menjalin tali silaturahmi dan dalam rangka memberikan kontribusi nyatamasyarakat betawi, Bamus (Badan Musyawarah ) Betawi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan bakti sosial Donor Darah di Keprimall 3/3/2018

Donor Darah tentunya adalah sebuah bentuk nyata kepedulian yang dilakukan oleh Bamus Betawi dalam membantu masyarakat di bidang sosial kesehatan.

Darah adalah sesuatu yang dapat dengan mudah kita donasikan karena tubuh akan terus mengisi ulang untuk menggantikan jumlah darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang terus berputar dalam tubuh. Pada umumnya, tiap sel darah akan dipecah untuk kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Usia yang pendek ini berarti donor darah selalu dibutuhkan dan perlu didonasikan secara teratur.

Bamus Betawi Kepulauan Riau Ncang Toso menyampaikan bahwa dalam acara bakti sosial Donor Darah ini merupakan kegiatan lanjutan pasca dikukuhkan nya DPD Bamus Betawi di provinsi kepulauan riau oleh Ketua Umum Bamus Betawi H. Zainudin atau yang lebih dikenal Haji Oding. pengkuhan juga turut dihadiri oleh pengurus Bamus Betawi lainnya serta yang tak kalah penting dihadiri juga oleh Majelis Tinggi Bamus Betawi.

“Semoga dalam acara Bakti sosial ini Bamus Betawi lebih diketahui oleh masyarakat Batam juga menjaga kelestarian budaya asli Indonesia serta mepererat jalinan silaturahmi sesama Etnis Berawi di kota Batam dan kepulauan riau” ungkapnya

Adapun beberapa prosedur yang dilakukan dalam Bakti sosial donordarah ini seperti Registrasi, pemeriksaan kesehatan, donasi seperti memasukan jarum streril kedalam kulit yang dilakukan secara berbaring selama 8-10 menit untuk menampung darah, dan istirahat untuk memulihkan kondisi badan setelan mendonor.

Dari sekian banyak pendaftar, ada sekitar 83 pendonor darah yang berhasil melalui uji kesehatan. Bamus Betawi kepri juga menyediakan bingkisan makanan sebagai ajang untuk memulihkan kondisi badan serta souvenir kaos bamus betawi.

Selain melakukan Bakti Sosial Donor Darah, DPD Bamus Betawi Kepulauan Riau sebelumnya juga melakukan Bakti sosial lainya seperti sunat masal, maulidan ala betawi, dan lainnya. serta puncaknya adalah Pengukuhan dan pelantikan DPD Bamus Betawi kepulauan Riay, program keagamaan juga akan menjadi prioritas kegiatan yang akan dilakukan secara rutin.

Ketua Bamus Betawi kepri mohamad Santoso juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan ada beberapa agenda even diantaranya lomba fashion show baju betawi, festival palang pintu dan agenda-agenda lainnya khususnya menjelang bulan Ramadhan.

Selain itu Ncang Toso begitu panggilannya juga menghimbau kepada seluruh keluarga besar Betawi yang ada di kepulauan riau ikut bergabung bersama-sama mengadakan Lebaran Betawi seperti halnya di Jakarta.

“orang melayu betawi dimanapun berada harus dan wajib memberikan manfaat di lingkungannya, kalau tidak bisa memberikan manfaat lebih baik pulang kampung saja” pungkasnya. (BLY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here